Kamis, 11 April 2019

Survey Playgroup Rawamangun

Assalamu'alaikum! Kakak Z sekarang sudah berusia 3 tahunan. Sudah mulai senang berkegiatan, bisa duduk anteng beberapa menit. Dia selalu meminta adanya aktivitas. Sayangnya, seringkali ibu disibukkan oleh urusan rumah dan merawat adek, sehingga Z jadi cranky minta perhatian. Rasanya ini saat yang tepat untuk mulai menyekolahkan Z, supaya dia ada kegiatan, supaya punya teman, dan supaya ibu bisa me time barang sejam-dua jam (eh lupa, kan ada adek ya hahahaha).


Saat ditanyakan, apa Z sudah mau sekolah? Ia pun menjawab mau! Karena sebelumnya ibu sudah pernah membacakan buku cerita bertema masuk sekolah. Salah satu buku yang ibu bacakan yaitu "Charlie Chick Goes To School".

Maka dimulailah perjalanan kami survey berbagai playgroup di Rawamangun, lingkungan tinggal kami. Total ada 8 sekolah yang sudah kami (aku dan Z) kunjungi:
  1. Tunas Wiratama, Rawamangun Muka
  2. Little Nabawi, Cipinang
  3. Rodin, Jl. Gurame
  4. English Speaking Moslem, Jl. Gurame
  5. At Taqwa, Rawamangun
  6. Indonesia Montessori, Utan Kayu
  7. Al Azhar Rawamangun
  8. KB/TK Nuruddin, Jl. Cumi-cumi
Wah banyak ya! Z pun menikmati proses melihat-lihat sekolah ini, juga sempat ikut bermain di beberapa sekolah. Ini dia review singkat dan biaya masuk untuk tahun ajaran 2019/2020.

1. Tunas Wiratama

Ini salah satu sekolah yang kuincar, karena dulu aku pernah ikut kelas KeluargaKitaID di sana. Dilihat-lihat, kok sekolahnya menyenangkan. Kelasnya terbuka dengan sirkulasi udara yang baik, sistem sentra dan moving class, ada halaman bermain yang cukup luas, juga ada kolam kura-kura dan kandang kelinci.
Kelas playgroup, di lantai 2 dan tertutup

Kelas TK, sistem moving class ke sentra-sentra bermain/belajar (sentra rancang bangun, sentra bermain peran, sentra kreativitas, sentra bahan alam, sentra persiapan)

Ada jembatan dan kolam kura-kura... ini yang bikin ibuk naksir sekolahnya...



Namun ketika aku survey ke sana, agak kurang sreg dengan kelas KB yang terletak di lantai 2, ber-AC, dan tertutup sekali. Kalau kelas TK-nya sih terbuka tanpa AC, sistem moving class. Nah kalau bapake, berhubung pengennya sekolah Islam, dia jadi nggak sreg kalau daftar ke sini.

2. Little Nabawi

Ini sekolah incaran suami, karena kami berharap Z nanti SD-nya bisa di Nabawi. Namun seperti kabar yang beredar bahwa Nabawi ini sekolah mahal, aku cukup menelan ludah saat tau biaya preschool-nya.


Ruang kelas ber-AC, lantai parkit, mainan masih bagus-bagus dan bersih!

Playground outdoor-nya juga terlihat menyenangkan..
Ada harga ada rupa. Menjejakkan kaki ke dalam sekolahnya, terasa adem, nyaman, dan sangat bersih. Playground-nya juga luas, tertata apik, dan memang terlihat mahal. Z juga senang sekali waktu menjelajah sekolah Little Nabawi ini.



3. Taman Bermain Rodin

Di Rodin, selain ada taman bermainnya, juga ada daycare. Siapa tau sewaktu-waktu butuh menitipkan anak-anak di sini hehehehe.


Sekolahnya agak kecil, playground-nya berupa halaman rumah. Tapi kelebihannya, bisa masuk mulai kapan saja, dengan uang pangkal disesuaikan (misal masuk tengah tahun ajaran, ya bayar uang pangkal setengahnya). Ruang kelasnya sih terlihat bersih.

4. ESM (English Speaking Moslem)

Aku sebetulnya nggak tahu kalau ada TK muslim di situ. Taunya malah dari guru Rodin hahaha... Kami tanpa rencana pun langsung jalan ke ESM.

TK-nya tampak padat murid, dan kelihatannya sudah cukup lama berdiri. Kelasnya terlihat banyak tempelan bahan ajar membaca dan berhitung. Dan guru yang mengajak berkeliling, dengan semangat bercerita bahwa di ESM murid diajari membaca sejak dini, karena otak anak kecil masih sangat mudah menerima bahan pelajaran baru.

Hmmmmm agak berbeda dengan yang kuyakini sih, kalau anak belum benar-benar perlu belajar baca terlalu dini. Enaknya, di sekolah ini murid sudah sekalian dapat makan siang (disiapkan sekolah), jadi mereka belajar makan bersama-sama dengan tertib (dan ibu ga usah nyiapkan bekal). Tapi karena beberapa hal aku kurang sreg di sini.






Oiya di ESM juga bisa mulai di tengah tahun ajaran, dengan hitungan bayar setahun sejak masuk sekolah (misal bayar uang pangkal Feb 2019, berarti berlaku hingga Feb 2020).

5. Al Azhar YAPI Rawamangun

Datang ke sini Sabtu siang sama bapake. Ya tentu saja tutup, kan libur. Tapi terlihat sekolahnya besar sekali, dan sempat lihat pamflet biaya masuk TK Rp 21juta. Kalau playgroup yaaa sekitar segitu kurang dikit kali yaaa?



6. At Taqwa Rawamangun

Ini salah satu sekolah yang disetujui bapake (setelah Nabawi), karena beberapa anak teman kantornya ada yang bersekolah di sini. Arena bermainnya luas sekali. Sewaktu datang, Z ikut diwawancarai bu guru sebagai tes kesiapan masuk sekolah. Nggak seperti tes sih, hanya bermain-main sambil diobservasi bu gurunya. Ditanya jumlah, warna... Z banyak diem. Uh gemes juga, padahal Z udah hafal warna-warna dari sebelum 2 tahun (mamak sombonggg wkwkwkwkwkk). Tapi selowwww mak, namanya juga anak-anak ketemu orang asing, pasti masih malu-malu lah apalagi ditanya-tanyain mulu :p


Taman bermain, ada banyak mainan, juga pendopo untuk kegiatan anak-anak


Z diobservasi bu guru

7. Indonesia Montessori, Utan Kayu

Cukup tertarik ke sekolah berbasis Montessori, tapi ketika survei ke sana... duhhh ku tak sanggup perjalanannya T_T Masih agak jauh dari rumah, dan harus lewat jalanan macet (ah aku kok nggak setrong gini sih). Dapat daftar biayanya sih... Kalau ada yang penasaran, komen ya, nanti aku cari & foto dulu pamfletnya :))

8. KB/TK Nuruddin, jl. Cumi-cumi

Ini playgroup paling sederhana dari semua yang sudah aku survei bersama Z. Sangat dekat rumah, tapi malah terakhir disurveinya. KB/TK-nya kecil di perumahan, garasinya pun terpakai untuk belajar.


Fasilitasnya memang agak minim, mainan di halaman hanya ada 1 perosotan dan 1 ayunan. Ruang kelas playgroup sangat kecil, namun memang murid KB-nya baru 3 orang. Ruang kelas ber-AC, dan ada kamar mandi. Penting nih, buat yang pada sudah toilet training.

Uang pendaftaran Rp 2.000.000 dan SPP sekitar Rp 300ribuan per bulan.

---

Masih ada beberapa playgroup di sekitar Rawamangun yang belum aku kunjungi, misalnya Pelangi Alexandria, Al Azhar (belum tau detail harganya), dan Mentari Intelegensia. Tapi mamak sudah mumet @_@

Akhirnya, Z sekolah dimana?

Berhubung ibuk galau terus, lewatlah masa pendaftaran yang berdiskon besar :))) Tapi pada akhirnya, aku memilih untuk menunda sekolah. Nanti Z sekolahnya setahun lagi aja ya pas masuk TK. Rencana kalau nanti sudah makin nggak sanggup membersamai bocil belajar, cari kelas-kelas main yang sering ada di IG, atau ikut sekolah yang bisa masuk tengah tahun ajaran. Soalnya kalau dimasukkan sekolah sekarang, perjalanan menuju SD masih jauh, aku takut Z bosan dan mogok sekolah di tengah jalan.

Semoga review-reviewan ini bermanfaat buat buibu galau yang juga sedang cari sekolah. Minimal biar tau kisaran harga sekolah playgroup jaman sekarang. Ternyata dari yang murah sampe mahal semua ada, fasilitasnya juga beragam. Mana nih yang paling bikin sreg dihati?

11 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Assalammu'alaikum bun .. boleh minta daftar biaya indonesia montessori utan kayu bun ? Kebetulan saya lg cari sekolah anak dan lokasi tempat tinggal di utan kayu selatan .. trima kasih sblmnya 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin saya baru dari Montesorri Utan kayu, Biaya masuk 10,5jt dan Spp 1jt/bulan untuk kindergarden

      Hapus
  3. Hai mom, Salam kenal..kl ga keberatan aku mau dong tlg diinfo untuk harga detail Al Azhar rawamangun & indonesia Montessori utan kayu.. makasih byk

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum.Mom,salam kenal...kalau boleh,bisa minta info price list Indonesia Montessori di utan kayu Mom..terima kasih banyak Mom 😊

    BalasHapus
  5. Halo Mom.. Informasinya berguna sekali. Terima kasih banyak :D

    BalasHapus
  6. Mbak tiaa...
    Aku jg bercita cita mau nyekolahin di attaqwa hahaha. tapi masih mikir2 juga sih.
    btw mbak boleh minta pricelist indonesian montessori. tertarik karena deket rumah banget. Boleh email ke (restia.demanti@gmail.com) ya mbak. makasih :)

    BalasHapus
  7. anakku dulu di Rodin tp lokasinya bukan yg di jl. Gurame. Sekarang dia di SD At Taubah, mungkin mom berminat survey TKnya disana jg. Thx infonya skrg anakku yg no.2 jg umur 3 tahun, lg mikir2 buat sekolah tp jg akhirnya mutusin nunda dulu krn anaknya blm potty train, sama jg ntr keburu bosen sekolah. Kalo ada info kelas bermain tolong diinfo lagi yaah

    BalasHapus
  8. Terimakasih informasinya mba kebetulan sy juga cari daerah yg sama. Buat anakku thn depan masuk KG

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum Bunda, TK Al Azhar Rawamangun biayanya sekitar 20jutaan betul Bunda berlaku untuk dua tahun, playgroupnya kurang lebih setengahnya. Untuk update kegiatannya Bunda bisa cek IG kami @tkalazahr13rawamangun & @playgroupsakinahyapi :)

    BalasHapus
  10. Jadi akhirnya Z sekolah dimana Bunda?

    BalasHapus

Would love to hear your thoughts ;)